Irisan fokus hari ini:
1. Organizing Global Startup Weekend Women 27-29 September 2019


2. Mentoring Dilo PAD Surabaya September - Oktober 2019

3. Preparing materi seminar tentang Hoax untuk millenial

4. Writing buku biografi pak dosen teknik.

5. On going final project bikin ios apps di Apple Developer Academy @ UC bersama tim dan mentor.

6. Chit chat menyiapkan buku starter kit go digital untuk Bumagit Project (Bumagit = Ibu Rumah Tangga Digital) bersama satu alumni Coding Mum Surabaya.

7. Chit chat dengan slow respon dengan Coding Ranger (grup fasilitator dan mentor KCMI - merumuskan kelas online berkelanjutan bagi Komunitas Coding Mum Indonesia - yang rencana start Oktober 2019). Slow respon karena pada sibuk semua. Ada yang kerja, ada yang ngajar, ada yang terbang ke Beijing dan Taiwan :). Mumsky ini memang super-super tenan.
8. Finding new suplier - produsen - makloon untuk Reborn Olshop Jilbab Orin. Dari hasil analisis dan pengalaman, olshop bisa jadi pintu edukasi womenpreneur yang paling menarik dan bisa saling menguntungkan. Karena edukasi juga butuh dana.

9. Mempelajari cara kerja sebagai agen salah satu ekspedisi kirim barang yang baru dan memanfaatkan android apps. Jadi olshop reborn-buka-bisa kirim barang sendiri dari rumah dan kurir datang. Teman dan tetangga sekitar juga bisa kirim barang melalui saya di rumah. *belum sempat saya pelajari, tapi sudah tersedia ekspedisi kit dan posternya.

10. Wrapping konsep mendirikan Akademi Prasetyorini, sebuah kelas belajar Lifeskill dan Teknologi, untuk perempuan. Kelas diadakan secara online dan di rumah.

Ke depan, fokus saya adalah membuat kegiatan sibuk berbasis rumah. Entah itu disebut Working at home, Home Business atau bahkan Home based learning. Pokoknya dari rumah.

Maka, menyelesaikan satu demi satu tugas yang sudah terlanjur ada dan harus riwa-riwi keluar rumah setiap hari. Setelah itu berbenah dan mencurahkan fokus ke rumah. Semoga dimudahkan. Semoga bisa. Bismillah.

Dan mohon maaf jika ada beberapa projek teman yang tidak bisa saya dukung sepenuhnya, karena harus wara wiri seperti roadshow rutin yang menguras tenaga. Saya siapnya bikin Training of Trainer saja untuk anak-anak muda. Biar mereka yang riwa-riwi mengajar dan berbagi semangat kemana-mana.

I choose to keep my energy, here. At home.
Kegiatan ke luar rumah, okelah, sesekali saja. Tidak tiap hari, tidak terikat. Umur dah ga bisa bo'ong juga ini. Ga kuat tiap hari riwa-riwi apalagi harus menerjang teriknya panas matahari di jalan beraspal Surabaya.

Refleksi dari pengalaman beberapa tahun ini dan diskusi bersama suami tercinta, mendapatkan kesimpulan bahwa jika kami fokus bergerak dari rumah, akan mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal. Karena saya basicnya adalah freelancer, jadi mudah saja memutuskan ini. Untuk teman-teman yang terikat di sebuah lembaga, semoga masing-masing kita bisa saling mendukung lah ya.

Selamat hari Senin. Selamat memaksimalkan potensi diri. Mengakui keterbatasan diri. Dan mengoptimalkan kegiatan yang mampu dikerjakan.

Have a good days teman-teman.

*foto ketika dijemput saat mengisi workshop di Universitas Hang Tuah Surabaya. Momen istimewa. Drivernya adalah pensiunan TNI AL - membuat saya teringat almarhum bapak di sepanjang perjalanan. Bapak saya juga Purnawirawan TNI AL.